Jumat, 02 September 2011

Hikmah Zakat

Zakat adalah ibadah dalam bidang harta yang mengandung hikmah dan manfaat yang demikian besar dan mulia baik yang berkaitan dengan orang yang berzakat, penerimanya, harta yang dikeluarkan zakatnya, masyarakat secara keseluruhan. Hikmah dan manfaat tersebut antara lain tersimpul sebagai berikut:

Pertama, sebagai perwujudan keimanan kepada Allah SWT.

Kedua, karena zakat merupakan hak mustahiq maka zakat berfungsi untuk menolong, membantu dan membina mereka terutama faskir miskin ke arah kehidupan yang lebih baik sehingga mereka dapat memenuhi kebutuhan hidupnya dan beribadah kepada Allah.

Ketiga, sebagai pilar amal bersama (jama’i) antara orang-orang kaya yang berkecukupan hidupnya dan para mujahid yang seluruh waktunya digunakan untuk berjihad dijalan Allah sehingga tidak punya waktu untuk berusaha dan berikhtiyar untuk mencari nafkah.

Keempat, sebagai salah satu sumber dana bagi pembangunan sarana maupun prasarana yang harus dimiliki umat islam, seperti sarana ibadah, pendidikan, kesehatan, sosial, maupun ekonomi. Sekaligus sarana pembangunan SDM muslim.

Kelima, untuk memasyarakatkan etika bisnis yang benar, sebab zakat itu bukanlah membersihkan harta yang kotor akan tetapi mengeluarkan bagian dari hak orang lain dari harta kita yang didapat dengan baik dan benar sesuai dengan ketentuan Allah SWT

Keenam, dari sisi pembangunan kesejahteraan umat zakat merupakan salah satu instrumen pemeretaan pendapatan dengan yang dikelola dengan baik dimungkinkan membangun pertumbuhan ekonomi sekaligus pemerataan pendapatan. Monzer khaf menyatakan zskat dan sistem pewarisan Islam cenderung pada distribusi harta yang egaliter dan bahwa sebagai manfaat dari zakat harta akan selalu beredar.

1 komentar:

  1. Bagus padz, ini artikel untuk mengasah wawasan dan menjadi pengetahuan bagi orang lain yang membaca,terus buat artikel-artikel lainnya

    BalasHapus